Selasa, 13 Maret 2012

John Vincent Atanasoff

 


Seorang warga Bulgaria John Vincent Atanasoff (1903-1995) sebagai penemu Komputer elektronik digital (“electronic digital computer”). Atanasoff seorang yang jenius.
Saat berumur 9 tahun beliau telah belajar aljabar yang dibantu oleh ibunya Iva Lucena Purdy (pengajar matematika di sebuah sekolah). Ditahun 1930 Atanasoff menjadi seorang professor matematika dan fisika di Iowa State University di USA. Hasil karyanya yang digunakan sampai saat ini seperti Kalkulator Monroe dan IBM tabulator, namun mesin tersebut masih terlalu lambat dan tidak akurat. Beberapa tahun bekerja untuk memperbaiki mesin tersebut menjadi lebih baik, beliau kemudian berpikir untuk menciptakan mesin digital, Atanaosoff berkesimpulan bahwa peralatan matematika dibagi menjadi dua kelas, yaitu analog dan digital (istilah digital pada saat itu belum ditemukan, jadi dia menyebut kelas tersebut sebagai peralatan “mesin penghitung sesungguhnya” atau “computing machines proper”).
Menurut Atanasoff mesin harus bekerja dalam angka base-two (binary) daripada base-10 dan menggunakan kondensator sebagai memory. Atanasoff beserta tim, seorang pemuda yang berlian dibidang elektro Clifford Berry akhirnya mampu membuat mesin yang disebut “Atanasoff-Berry Computer” seberat 700 pound dan menjadi komputer digital pertama.


Pelopor lain adalah German Konrad Zuse (1910-1995). Beliau berumur 18 tahun saat membangun mesin komputer binary sendiri yang disebut dengan Z1.
Selama perang dunia kedua mesin komputer Zuse Z3 digunakan oleh industri pesawat terbang Jerman. Itu merupakan komputer pertama di dunia yang bisa diprogram dengan software (perangkat lunak). Komputer Zuse sangat menarik, karena dibangun secara keseluruhan dari awal oleh hasil kerja para ilmuwan yang sejaman.

0 komentar:

Posting Komentar

ss


Popular Posts